Minggu, 25 Januari 2015

Review: Brighton Tak Mampu Imbangi Arsenal

26-01-2015 00:48

 | Theo Walcott



Review: Brighton Tak Mampu Imbangi Arsenal
Arsenal tundukkan Brighton. © AFP

Pertandingan FA Cup putaran keempat mempertemukan Brighton & Hove Albion melawan Arsenal. Pertandingan ini digelar di American Express Community Stadium pada Minggu (25/01).

Pertandingan berjalan menarik karena kedua tim bermain dengan tanpa beban. Banyak peluang tercipta dan tim tamu yang akhirnya menang dengan skor akhir 2-3. Arsenal mencetak gol lewat Theo Walcott, Mesut Ozil dan Tomas Rosicky. Brighton membalas lewat Chris O'Grady dan Samel Baldock.

Pertandingan dimulai dengan sangat cepat. Arsenal yang merupakan juara bertahan FA Cup melakukan gebrakan awal dan berhasil mencetak gol cepat lewat Theo Walcott.

Calum Chambers menyisir dari sayap kanan dan melepas umpan kepada Walcott yang berada di kotak penalti. Tanpa pengawalan ketat, Walcott mampu melepas tembakan ke tiang jauh yang membawa Arsenal unggul pada menit kedua.

Permainan Arsenal menjadi sangat tenang setelah gol cepat tersebut. Mereka membangun serangan dengan sangat rapi dan bisa mendominasi permainan dengan keunggulan di lini tengah.

Brighton baru bisa memberikan ancaman setelah laga berjalan sepuluh menit. Beberapa kali mereka sukses melakukan penetrasi ke lini pertahanan Arsenal meski masih gagal menciptakan gol.

Arsenal justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-24. Tomas Rosicky melakukan pergerakan di tengah dan mampu mengirim umpan terobosan indah kepada Mesut Ozil yang berdiri di depan gawang Brighton. Tanpa kesulitan, Ozil melepas bola ke tiang jauh yang membuat Arsenal unggul 2-0.

Arsenal secara umum terus mendominasi permainan tetapi tusukan-tusukan Brighton juga semakin berbahaya. Meski terus saling beradu serangan, kedua tim tak mampu mencetak gol tambahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Brighton tampil semakin beringas. Mereka nampak bermain tanpa beban sehingga lebih berani mengeksplorasi opsi penyerangan.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Brighton berhasil mengurangi defisit gol lewat Chris O'Grady. Kemelut di depan gawang gagal diantisipasi dengan baik oleh pertahanan Arsenal. O'Grady yang mengejar bola sukses mengelabui Mathieu Flamini dan melepas tembakan yang menjebol gawang Szczesny.

Brighton tampil semakin percaya diri setelah gol itu. Permainan mereka semakin terbuka sehingga pertandingan berjalan lebih menarik. Namun hal itu justru membuat Arsenal menjadi semakin nyaman menyerang karena pertahanan Brighton lebih terbuka.

Tomas Rosicky mencetak gol indah ketika pertandingan berjalan nyaris satu jam. Setelah saling umpan dengan Olivier Giroud, Rosicky melepas tembakan voli indah yang tak bisa dihalau Stockdale.

Namun pertahanan Arsenal kembali lengah dan harus membayar dengan kebobolan satu gol lagi. Samel Baldock bisa melewati penjagaan Nacho Monreal dan laurent Koscielny sebelum kemudian melepas tendangan yang membuat skor menjadi 2-3.

Pertandingan berjalan semakin menarik setelah gol kedua Brighton. Namun meski kedua tim bisa menciptakan banyak peluang, mereka tak mampu menambah catatan gol masing-masing. Arsenal pun menang dengan skor 3-2.

Kemenangan ini membuat Arsenal masih berpeluang mempertahankan gelar juara FA Cup mereka. Sementara itu, Brighton nampaknya tidak terlalu kecewa dengan kekalahan ini mengingat prioritas utama mereka adalah mendapatkan promosi ke Premier League musim depan.

Statistik Brighton - Arsenal
Penguasaan bola: 41% - 59%
Shot (on goal): 9 (2) - 17 (6)
Corner: 1 - 6
Pelanggaran: 12 - 6
Kartu kuning: 4 - 0
Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Brighton & Hove Albion: Stockdale; Bruno (March, 63'), Greer, Dunk, Bennett; Holla, Ince; Calderon, Forster-Caskey (Colunga, 82'), Baldock; O'Grady.

Susunan pemain Arsenal:  Szcezsny; Chambers, Koscielny, Monreal, Gibbs; Flamini; Walcott (Sanchez, 70'), Ramsey, Rosicky, Ozil (Coquelin, 80'); Giroud (Akpom, 70'). (bola/hsw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar